Wednesday, April 29, 2009

Antara Blog dengan Web

Ada apa ya antara Blog dengan Web ???


Sepertinya ada yang seru aja ni antara dua Site ini,
Mungkin diantara kita masih ada yang ragu antara Blog denganWebsite, Menurut saya itu wajar saja, karena setiap hari pasti ada saja orang yang baru menggunakan internet,
Bagi yang udah lama di dunia maya atau yang udh mahir tentang masalah ginian pasti udah taukan perbedaan antara kedua Site ini ? tapi belum tentu bagi teman-teman kita yang masih awam di dunia maya seperti saya sendiri he….
Kemaren sempet menjadi bahan perdebatan antara saya dengan teman yang minta di buatin Website, trus iseng2 dy tanya “menurut mas Apa sih bedanya web dengan blog? Keduanyakan sama-sama tulisan yang di upload ke internet-kan ” katanya.


Tapi sebelum tau apa perbedaan antara keduanya itu lebih enak klo kita tau dulu apa itu blog n apa itu website.

Blog itu apa yach ?...
Menurut Wikipedia Blog merupakan singkatan dari "Web Log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Trus Apa itu Web Site?
Sebuah situs web (sering pula disingkat menjadi situs saja; web site, site) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL yang menjadi "akar" (root), yang disebut homepage (halaman induk; sering diterjemahkan menjadi "beranda", "halaman muka"), dan biasanya disimpan dalam server yang sama. Tidak semua situs web dapat diakses dengan gratis. Beberapa situs web memerlukan pembayaran agar dapat menjadi pelanggan, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surat elektronik (e-mail), dan lain-lain.

Klau arti dari Blog atau Website sendiri udah kita ketahui maka bisa kita simpulkan perbedaan antara keduanya. Tapi menurut Sepengetahuan saya yang membedakan antara Website dengan Blog itu adalah fungsinya. Biasanya kalo blog itu berfungsi sebagai media pengupload tulisan-tulisan kita ke internet agar bisa di baca oleh orang laen. Sedangkan Website itu sendiri banyak sekali fungsinya.Yang jelas blog sudah pazti website, dan website sendiri he…belum tentu blog.ah bikin nambah bingung aja nich.
Dari blog maupun web memiliki persamaan yaitu antara Blog dengan Website Kedua-duanya memiliki alamat “URL”.

Namun pada dasarnya web dengan blog sama saja, yaitu media yang digunakan sebagai media informasi di dunia maya. Hanya saja web lebih merupakan sesuatu yang otentik milik pribadi dengan memiliki domain (alamat) pribadi dan disimpan di hosting (server) yang dibayar secara pribadi (seperti menyimpan baju di lemari sendiri), sedangkan blog merupakan sesuatu yang otentik milik pribadi tetapi dengan domain (alamat) yang digabung dengan milik orang lain, dan disimpan di hosting (server) milik orang lain pula (seperti menyimpan baju di loker stasiun). Anda tidak akan pernah mengetahui sampai kapan blog tempat menyimpan informasi Anda itu akan eksis, tetapi apabila Anda menggunakan web maka Anda mengetahui kapan batas waktu penggunaan dan perpanjangan domain dan hosting untuk penyimpanan informasi Anda tersebut. Lebih aman, nyaman, dan dipercaya oleh pelanggan dan calon pelanggan.

Pernah gak sieh terfikir Apa gunanya Website / Blog itu? Kalo menurut dari yang ada di lapangan, Website / Blog dapat kita gunakan untuk mempromosikan usaha kita, bahkan mempromosikan diri kita ( he…kirain barang pa?...) de el el, pokoknya banyak dech.
Website bisa kita samakan dengan tempat kita jualan yang tak pernah tidur.
Kkwkwkwkkwk (emang nx Tuhan ya…)

Ada yang bisa kita nilai antara blog dan web yaitu di Setiap artikel yang dibuat pada blog bisa di beri kotak komentar jadi siapapun bisa meninggalkan komentar pada artikel atau bahan bacaan yang di baca.hal inilah yang membuat Pembaca blog bisa langsung berkomunikasi dengan pemilik atau penulis blog. Biasanya pengunjung yang mengakses website hanya bisa membaca atau mengambil / mendownload beberapa content yang disediakan pemilik website. Tapi pemilik website tidak memberikan fasilitas untuk memberikan komentar.

Tapi masih penasaran nich, klo menurut teman2 gmana yach?...Comment dunk bagi2 ilmunya

Sumber : Wikipedia



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Antara Blog dengan Web"

Post a Comment

Kasi Comment dulu ya...

 
 
back to top