Tuesday, April 14, 2009

Indahnya Pantai Rupat

Sejak kepulauan Riau yang pernah menjadi bagian dari provinsi ini berpisah dari Provinsi Riau dengan membentuk sebuah provinsi sendiri secara tidak langsung berdampak pada riau sendiri yaitu di bidang pariwisata yang sempat membuat daerah ini seakan tidak memiliki tempat wisata yang menarik dan representarif yang memiliki daya jual lagi. Namun hal itu tidak sepenuhnya benar, Karna objek-objek wisata yang ada di provinsi riau ini belum seluruhnya terkuak oleh waktu. Sebenarnya masih banyak tempat-tempat menarik yang ada di riau ini yang bisa di kunjungi setiap waktu seperti pantai putih, sungai, air terjun, tempat-tempat bersejarah, wisata budaya dll. Sayangnya, obyek-obyek wisata yang indah itu belum maksimal digarap oleh Pemerintah dan kurangnya kesadaran masyarakat kita. Salah satu obyek wisata yang sangat menarik di yang terdapat di kabupaten bengkalis ini adalah Pantai Pulau Rupat Utara

Pulau Rupat adalah sebuah pulau yang berbatasan dengan Selat Malaka. Kawasan yang mempunyai luas 10.852,77 kilometer persegi itu,tepatnya berada di sebelah barat daya pulau Bengkalis,yang beribukota Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Pulau ini dibagi menjadi dua kecamatan,yaitu Rupat dan Rupat Utara
Sebagai salah satu tempat wisata yang ada di negeri ini, Pulau Rupat akan di jadikan tempat
wisata andalan di Riau. Hamparan pasir putih Pulau Rupat ini yang panjangnya sekitar 15 kilometer dengan lebar 30 meter jika air laut surut dan 7 meter bila air pasang menjadi salah satu prioritas dalam pengembangan objek wisata di Riau di satu sisi kelebihan dari pantai di pulau rupat ini adalah pantai pasir putih yang terpanjang di Indonesia ini.

Pulau Rupat yang terdapat di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau yang lokasinya berdekatan bahkan berbatasan langsung dengan negara jiran Malaysia dan Singapura sangat potensial untuk pengembangan pariwisata. Pulau yang memiliki bentangan pantai pasir putih yang memanjang mengelilingi pulau ini dengan letaknya persis menghadap Selat Malaka dan dipisahkan oleh sebuah selat sempit yang ada di dumai.

Keragaman di pulau ini makin diperkaya oleh berbagai macam budaya tradisional masyarakat setempat yang sudah semakin langka ditemukan.Kondisi alam yang begitu indah dan alami dengan gaya hidup yang masih tradisional yang belum terlalu padat penduduknya ini masih terdapat suku Akit yang menjadi suku pribumi yang mendapat perlindungan dari pemerintah. Yang mana nantinya, budaya tradisional yang sudah mengakar di sini bisa di pertahankan bahkan dilestarikan sebagai ciri khas yang unik dalam kawasan berteknologi modern.

Kondisi angin dan gelombang laut yang mengalir begitu harmonis menjadikan Pulau Rupat Utara ini cocok untuk pengembangan wisata bahari. Sekadar berjemur atau berenang menikmati birunya laut tentu bukan halangan. Sambil menikmati keindahan itu, kita bisa pula menyalurkan hobi petualangan menyelam, memancing, berperahu, bahkan berselancar. Pantai yang datar dengan hamparan pasir putih yang bersih di atasnya bisa dipakai menjadi arena voli pantai yang strategis.Maka, di kala senja, saatnya sang mentari kembali ke peraduan, sayup-sayup terasa mentari menenggelamkan diri di perairan Selat Melaka yang persis berada di depan Pulau Rupat. Di situlah kita melihat betapa indahnya pantai ini di kala suasana “sunset”. kemilau air lautpun seakan berkaca-kaca dengan sinar keemasan mentari hal ini mengingatkan kita ke Pulau Dewata, Bali.

Terkadang hamparan pasir putih di pulau Rupat yang mempunyai keindahan tak terhingga seakan tak berpenghuni. Karna sedikitnya pengunjung yang datang. Namun di waktu-waktu tertentu, wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara ramai berkunjung ke tempat ini.karna di Pulau Rupat utara ini mempunyai tradisi yang sudah ada sejak dahulu, tradisi itu adalah tradisi menyambut bulan Safar.Tradisi mandi bersama yang kononnya untuk mensucikan diri. Tidak saja yang dari daerah setempat bahkan dari malaysia terkadang para wisatawan menyempatkan diri untuk hadir mengunjungi pulau ini. Bahkan tokoh-tokoh masyarakat-pun datang demi meramaikan acara ini.

Untuk kedepannya semoga pulau yang mempunyai daya jual ini bisa kita manfaatkan sebagai salah satu wadah pendapatan negara kita dan sekaligus bisa memperkenalkan kepada dunia bahwa kita juga bisa tampil yang bertaraf Internasional di bidang pariwisata.


Artikel ini saya ambil dari berbagai sumber.


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

5 komentar: on "Indahnya Pantai Rupat"

lulu said...

pantai rupat keren ..i love it

Heinky Panduwinata said...

Keindahan pantai di Pulau Rupat membuat aku bangga,karena aku juga putra Rupat yg sekarang menetap di Cirebon Jawa Barat.

Unknown said...

kapan lah bisa maen ke pantai rupat,,
pdahal bukan lah jauh dr tmpat klahiran qu.
penasaran banget..!

Timbul Aman said...

Besok aku Ke P. Rupat haha...
singgah di Pantai Rupat Utara nan elok

Post a Comment

Kasi Comment dulu ya...

 
 
back to top